Selasa, 10 Juli 2012

Formula pada exxel 2007

Tutorial menghitung IPK dengan Formula Microsoft Excel 2007

Menghitung atau memprediksi IPK dengan cara simple sangat penting saat kita sedang dalam menuntut ilmu di perkuliahan dan anak kuliah harus banyak mengenal computer loh, tapi bagaimana cara Menghitung IPK dengan mudah?gampang, tapi ini beda bro. Perlu ketelitian dan keseriusan dalam menghitung IPK dengan formula Microsoft Excel 2007 wahahaha..Tutorial Microsoft Ecxel 2007 ini saya buat khusus untuk mahasiswa yang masih bingung dalam menghitung IPK dengan cara menggunakan microsoft excel. Tutorial ini saya dapatkan ketika saya mengalami permasalahan yang rumit di masa kuliah saya. dulu saya gaptek soal computer Pada Postingan ini saya membuat sesuatu cara yang beda dengan tutorial yang lain,dan kebetulan saya belum menemukan artikel yang sama dengan postingan ini.., ini orisinil dari pemikiran saya…heheheh (sok). dan semoga Tutorial microsoft excel 2007 ini bermanfaat untuk para mahasiswa yang senasib dengan saya..wahahah jangan sampe deh.. cara menghitung dan memprediksi IPK dengan Microsof Excel 2007 ini sangat mudah koq berikut Tutorial cara menghitung dan memprediksi IPK dengan microsoft excel 2007 inilah langkah-langkah dan cara membuatnya:
Pertama,-. Siapkan foto saya dulu bro..sebelum masuk ke Tutorial menghitung IPK berikutnya:
-. Siapkan kopi susu manisnya bro..buat temen menghitung
-. Sepotong kue keju dengan kacang panjang,..cara mencerdaskan otak bawah qta..
hehehehehe…bercanda…!!
Langsung aja menuju  Tutorial menghitung dan memprediksi IPK dengan microsoft Ecxel 2007?gimana cara membuatnya bro?
Neh yang lo tunggu.
1. Siapkan cell A1 sampai dengan  E1, lalu ketik pada cell-cell yang tersedia dengan data sebagai berikut :
A1=”Nama Matakuliah”
B1=”SKS”
C1=”Nilai”
D1=”Bobot Nila/Berat Nilai”
E1=”Jumlah Nilai”
2. Masukan data dan nilai matakuliah anda sesuai dengan kolom yang anda buat pada Tutorial no.1
3. Kalo dah selesai  lalu klik 2 kali di cell D2, ketik dengan formula IF sebagai berikut : =IF(C2=”A”,4,IF(C2=”A-”,3.75,IF(C2=”A/B”,3.5,IF(C2=”B+”,3.25,IF(C2=”B”,3,IF(C2=”B-”,2.75,IF(C2=”B/C”,2.5,IF(C2=”C+”,2.25,IF(C2=”C”,2,IF(C2=”C-”,1.75,IF(C2=”C/D”,1.5,IF(C2=”D+”,1.25,IF(C2=”D”,1,0)))))))))))))
Matang kamu..hehehehe..tenang Tutorial Microsoft Excel 2007 ini gak sulit koq!!dengan sedikit otak aja pasti lancar..mengukuti Tutorial Microsoft Exel 2007 yang saya buat.
saya terangin dikit aja bro..dalam Tutorial Microsoft Excel 2007 saya ini fungsi IF adalah jika nilai matakuliahnya A berarti Bobotnya “4″, A- berarti “4.75, dst…
kalo udah di teken enter bro…mudah kan Tutorial menghitung dengan excel 2007-nya?hehehehe
4. kalo udah, lanjutin ke Microsoft Excel 2007 kita lagi bro..copy-paste formula tersebut ke bawah sampai dengan cell matakuliah terakhir lo pade…kalo gk mau repot cara copynya geser aja cursor mousenya ke pojok kanan cell, dengan begitu akan muncul cursor + warna item blok..(muke lo item)wkwkwk…klik kiri trus drag ke bawah sampai dengan akhir data matakuliah lo pade..lebih juga gak masalah asal jangan kurang..pasnya berapa aja deh gak usah ditawar…hhehe. kembali ke Tutorial Microsoft Excel 2007 gw bro
5.Setelah Tutorial no 4 selesai…klik cell E2 ato dibawah kolom “jumlah nilai”, tulis formula buat menghitung cell jumlah nilai di Microsoft Excel 2007 kalian lagi, neh pendek cuma formula perkalian bro, kalo menghitung perkalian mah..juga susah..hehehee..(dulu nilai menghitung saya dibawah 5 trus) neh formulanya :   = B2*D2
artinya adalah SKS dikali dengan berat nilai sama dengan “jumlah nilai” bro..dah selesai menghitung-nya bro?
kalo udah copy-paste kebawah lagi sampai data matakuliah terakhir…(cara copasnya seperti Tutorial no.4) dan kalo udah pasti hasil dari tutorial no.1 sampai no.5 seperti gambar dibawah ini.
Panduan Menghitung IPK
nah tuh diatas hasil menghitung IPK dengan Microsoft excel 2007 nya..dari gambar diatas tersebut saya kasih tanda kotak biru dengan angka 1 sampai dengan 3 itu adalah agar kalian semua tau letak dimana kalian membuat Formula untuk menghitung IPK di dalam microsoft excel 2007. Formula kalian buat di kotak no 2 dan 3.
sudah paham dengan Tutorial microsoft excel 2007 saya diatas?harus paham donk..kan neh Tutorial basic..wakakakak
6. Masih pada Tutorial Microsoft ecxel 2007..sekarang tinggal cara buat kolom untuk menghitung IPK-nya, perhatiin dengan cermat gambar di bawah ini…
Panduan Menghitung IPK
nah buat kolom2 seperti yang aku kotakin biru pada Tutorial gambar diatas…
kolom 1 itu buat menghitung SKS yang dah lo ambil.Dibawah kolom jumlah sks lo buat formula untuk menghitung penjumlahan kayak gini :
=SUM(B2:B250),  tapi tunggu bro jangan asal copy-paste dulu, perhatiin formula yang pake huruf biru itu disesuaiin ma cell “B”nya, tadi kan kamu copy ke bawah..nah mpe mana tadi kamu copy tuh tempat B250 yang biru tuh..( Tutorial no.4 dan 5)
7. Tetap pada Tutorial Microsoft Excel 2007 -nya bro, jangan pindah2..Terusin buat kolom “Jumlah Nilai” yang seperti gambar di atas yang saya kasih kotak biru no 2, dibawahnya ketik formula untuk menghitung penjumlahan di microsoft excel 2007  : =SUM(E2:E250) jangan lupa formula warna biru sesuain dengan copy-an kamu di kolom “E” tadi.( Tutorial no.5 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar